Karbon

adalah:

Karbon adalah unsur kimia yang terdapat dalam banyak gas dan senyawa. Misalnya, karbon bergabung dengan oksigen untuk membuat karbon dioksida (CO2), dan bergabung dengan hidrogen untuk membuat metana (CH4).

Istilah “karbon” digunakan dalam berbagai cara ketika berbicara tentang emisi gas rumah kaca, dan karenanya cenderung ambigu dan berpotensi membingungkan. “Karbon” terkadang digunakan sebagai kependekan dari CO2, atau gas rumah kaca secara umum, dan juga dapat digunakan untuk menyatakan emisi CO2 dalam bentuk jumlah karbon dalam CO2.

Berat atom atom karbon adalah 12 dan berat atom oksigen adalah 16, sehingga berat atom total CO2 adalah 44 (12 + (16 * 2) = 44).

Ini berarti bahwa jumlah CO2 dapat dinyatakan dalam jumlah karbon yang dikandungnya dengan mengalikan jumlah CO2 dengan 0,27 (12/44). Misalnya 1kg CO2 dapat dinyatakan sebagai 0,27kg karbon, karena ini adalah jumlah karbon di dalam CO2.

Istilah “karbon” dapat membingungkan karena digunakan sebagai ungkapan singkat untuk merujuk pada CO2 saja atau gas rumah kaca secara umum. Padahal tidak semua GRK mengandung karbon.  Selain itu, menyebut CO2 menjadi karbon saja tidak terlalu berguna karena hal itu tidak memungkinkan perbandingan antara GRK yang berbeda, seperti halnya konversi menjadi CO2e.