keindahan gunung yang di sebut dalam lagu Hymne Gayo Tawar sedenge

0 Comments
poto Burni Kelieten (gunung Krlieten)

siapa yang tidak mengenal dataran tinggi tanah Gayo dengan nuansa alam yang sejuk seperti pegunungan yang mengelilingi danau Lut Tawar, kota Takengon yang telihat indah dari puncak Al-Kahfi atau yang sering di sebut Pantan Terong dan yang paling khas dari kota dingin ini ialah kenikmatan kopi Gayonya yang sudah tetukir di mata dunia. 

Jika berdiri di Singah Mata, dari Pantan Terong kecamatan bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, disana ynö5kita akan melihat panorama yang sangat indah dari Danau Laut Tawar yang terbentang luas, tanpak di sebelah utara puncak gunung dan tidak terlepas dari pandangan mata dari banyaknya gunung yang terhampar kita bisa melihat langsung ketinggian Burni Kelieten.
adalah salah satu obyek wisata yang ada di kabupaten Aceh Tengah, selain memiliki wisata yang bagus,
Dipuncaknya terdapat Pilar, dibangun Tentara Belanda, “Pada saat itu, masayarakat dijadikan sebagai buruh.

Puncak gunung burni Kelieten memiliki ketinggian sekitar 2639 Meter dari atas permukaan laut. Mendaki puncaknya selain membutuhkan nyali besar dan fisik yang kuat. Rutenya hanya setapak, rute perjalanan menuju Burni Kelieten memiliki dua jalur dari Air Terjun Mengaya, Kecamatan Laut Tawar dan dari Nosar kecamatan Bintang.

gunung burni kelieten yang masuk ke dalam Hymne atau lagu kebangaan orang Gayo yang diciptakan oleh seniman Gayo yaitu almarhum A.R Moese.

Secara geografis, lokasi Gunung Burni kelieten berada pada Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Jarak antara kaki gunung dari kota Takengon kurang lebih sekitar 10 kilometer yang bisa ditempuh dengan melakukan perjalanan selama 30 menit. Titik ini terletak di kecamatan Bintang Desa mengaya yang merupakan start favorit pendakian di gunung tersebut.

daya tarik di puncak Burni Kelieten yaitu pusat poto di batu yang membuat dan terlihat jelas keindahan danau Lut Tawar yang terhampar luas dan tidak ketingalan perpohonan yang indah seolah terukir rapi dengan nuansa lumut yang menempel indah di perpohonan seolah menambah daya tarik mata pendaki.

Choose your Reaction!
Leave a Comment

Your email address will not be published.