Sejak Berstatus Hutan Desa, Ini Manfaat yang Dirasakan Warga Agusen

Gambar Hutan Desa (HD) Agusen

Secara geografis Kampung Agusen terletak di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues Provinsi Aceh. Masyarakat kampung Agusen pada saat ini sudah bisa memanfaatkan Hutan Lindung (HL) secara legal seluas 1.267 ha yang kini sudah berstatus Hutan Desa (HD) sejak tahun 2018.
Masyarakat kampung Agusen bisa memanfaatkan lahan untuk bercocok tanam di HD yang memang sudah dibuka sebelum ditetapkanya HL sebagai HD dan tidak boleh melakukan penebangan atau membuka lahan baru. Masyarakat juga bisa memanfaatkan hasil hutan nonkayu secara langsung dari HD.
Masyarakat yang memanfaatkan lahan di HD sudah menerapkan sistem agroforestry. Masyarakat menanam cabe, bawang merah, tembakau dan tanaman semusim lainya di kombinasikan dengan tanaman kehutanan atau tanaman Multi Purpose Tree Sepecies (MPTS) seperti pohon aren, Petai, alpukat, durian, kemiri dan lainya. Sistem agroforestry ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan fungsi utama hutan tetap terjaga.
Masyarakat Agusen memanfaatkan hasil hutan nonkayu seperti Rotan yang digunakan untuk menbuat asesoris seperti gelang, cincin, gantungan kunci dan lainya, Aren yang dimanfaatkan air niranya untuk diolah menjadi gula merah, dan banyak lagi hasil hutan nonkayu yang sudah dimanfaatkan masyarakat baik ada yang dijual dan konsumsi/gunakan sendiri.
Masyarakat kini telah merasa lega dan merasa aman karna sudah bisa mengelola dan memanfaatkan hasil hutan secara legal walau harus mengikuti ketentuan-ketentuan yang berlaku untuk keamanan hutan dalam jangaka panjang.
Dengan kepercayaan yang telah di berikan kepada masyarakat Kampung Agusen untuk mengelola dan memanfaatan hasil hutan, masyarakat harus dapat memanfaatkannya secara bijak dan lestari.

Choose your Reaction!
Leave a Comment

Your email address will not be published.